RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS
INQUIRI
Mata
kuliah :
Pendidikan Biologi
Kelas : XI IPA Semester 1
Jenjang
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Sekolah : SMA 1 BOLO
Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan
ciri-ciri divisio dalam dunia tumbuhan
dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Indikator
1.
Menjelaskan dunia tumbuhan yang meliputi tumbuhan
paku dan tumbuhan lumut.
2.
Menjelaskan perbedaan tumbuhan paku dan tumbuhan
lumut.
Tujuan
1.
Mengidentifikasikan,mengklasifikasikan dan
mengkomunikasikan ciri-ciri divisi dalam dunia paku dan lumut.
2.
Memberi contoh anggota tiap divisi dalam dunia
paku dan lumut.
3.
Mengidentifikasi manfaat anggota dunia paku dan
lumut bagi kehidupan.
4.
Merencanakan dan melakukan percobaan serta
melaporkan hasilnya tentang cirri-ciri tiap dunia paku dan lumut.
Materi Pembelajaran
1.
Tumbuhan Berspora yang meliputi tumbuhan lumut
dan tumbuhan paku
Metode
a. Ceramah
b. Eksperimen
dan diskusi
Langkah-langkah pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
||
1
|
Kegiatan awal
|
Apersepsi
|
Apa saja jenis tumbuhan yang termaksud dalam
division tumbuhan berspora ?
|
15 menit
|
Motifasi
|
Tumbuhan berspora akan banyak bermanfaat untuk kehidupan
di bumi ini baik itu tumbuhan paku ataupun tumbuhan lumut.
|
|||
Menyiapkan literatur untuk dikaji
|
||||
Membentuk kelompok diskusi
|
||||
2
|
Kegiatan inti
|
Eksplorasi
|
Masing-masing kelompok merancang percobaan,
mengklasifikasi materi yang akan diexperimenkan
|
60 menit
|
Elaborasi
|
Peserta didik mengamati hasil percobaan
|
|||
Peserta didik mengkomunikasikan hasil percobaan
|
||||
Konfirmasi
|
Guru memberikan informasi, menambahkan serta
mengarahkan peserta didik tentang nilai-nilai yang perlu dipahami
|
|||
3
|
Kegiatan akhir
|
Peserta didik menyimpulkan hasil
percobaan
|
15 menit
|
|
Evaluasi tertulis dan lisan
|
||||
Memberikan informasi materi yang akan
dipelajari selanjutnya
|
Sumber Belajar
1.
Alat :
Mikroskop, pinset dan silet.
2.
Bahan : Lumut
daun, Lumut hati, Paku Tanduk rusa, Suplir dan Semanggi.
3.
Sumber :
Biologi Untuk SMS Kelas XI Karangan Drs. Dedi M. Rochman
Penilaian
1.
Jenis tagihan
a.
Tugas kelompok
b.
Mempresentasikan
c.
Ulangan
2.
Bentuk
a.
Laporan hasil percobaan
b.
Pengamatan
c.
Ulangan
3.
Kinerja peserta didik (kognitif, afektif,
psikomotorik)
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru
Biologi
Dr.
Umar H.M. Saleh M.Pd Imam Muslim M.Pd
195406475993054003 195406644557744003
0 komentar:
Posting Komentar