Pages

Labels

  • 1 (1)
  • 2 (1)

Footer Widget 1

Total Pageviews

Footer Widget 3

Visitor

free counters

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

untuk menjadikan blog kita ramai dikunjungi apa yang harus kita kerjakan ?

Translate

Pengikut

About Me

Foto Saya
rumus imam
BIMA, NTB, Indonesia
hidup adalah sebuah keharusan,
Lihat profil lengkapku

Cari Blog Ini

Jumat, 01 Juni 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRI
Mata kuliah                                : Pendidikan Biologi
Kelas                             : XI IPA Semester 1
Jenjang Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Sekolah                        : SMA 1 BOLO
Waktu                           : 2  X 45 menit

Standar Kompetensi          :  Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar               : Mendiskripsikan ciri-ciri  divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi                    kelangsungan hidup di bumi
Indikator
1.       Menjelaskan dunia tumbuhan yang meliputi tumbuhan paku dan tumbuhan lumut.
2.       Menjelaskan perbedaan tumbuhan paku dan tumbuhan lumut.
Tujuan
1.       Mengidentifikasikan,mengklasifikasikan dan mengkomunikasikan ciri-ciri divisi dalam dunia paku dan lumut.
2.       Memberi contoh anggota tiap divisi dalam dunia paku dan lumut.
3.       Mengidentifikasi manfaat anggota dunia paku dan lumut bagi kehidupan.
4.       Merencanakan dan melakukan percobaan serta melaporkan hasilnya tentang cirri-ciri tiap dunia paku dan lumut.
Materi Pembelajaran
1.       Tumbuhan Berspora yang meliputi tumbuhan lumut dan tumbuhan paku
Metode
a.       Ceramah
b.      Eksperimen dan diskusi
Langkah-langkah pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Kegiatan awal

Apersepsi

Apa saja jenis tumbuhan yang termaksud dalam division tumbuhan berspora ?


15 menit
Motifasi

Tumbuhan berspora akan banyak bermanfaat untuk kehidupan di bumi ini baik itu tumbuhan paku ataupun tumbuhan lumut.

Menyiapkan literatur untuk dikaji

Membentuk kelompok diskusi

2
Kegiatan inti

Eksplorasi

Masing-masing kelompok merancang percobaan, mengklasifikasi materi yang akan diexperimenkan
60 menit
Elaborasi
Peserta didik mengamati hasil percobaan
Peserta didik mengkomunikasikan hasil percobaan
Konfirmasi

Guru memberikan informasi, menambahkan serta mengarahkan peserta didik tentang nilai-nilai yang perlu dipahami

3
Kegiatan akhir
Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan

15 menit
Evaluasi tertulis dan lisan

Memberikan informasi materi yang akan dipelajari selanjutnya


Sumber Belajar
1.       Alat        : Mikroskop, pinset dan silet.
2.       Bahan   : Lumut daun, Lumut hati, Paku Tanduk rusa, Suplir dan Semanggi.
3.       Sumber                : Biologi Untuk SMS Kelas XI Karangan Drs. Dedi M. Rochman
Penilaian
1.       Jenis tagihan
a.       Tugas kelompok
b.      Mempresentasikan
c.       Ulangan
2.       Bentuk
a.       Laporan hasil percobaan
b.      Pengamatan
c.       Ulangan
3.       Kinerja peserta didik (kognitif, afektif, psikomotorik)
 

           Mengetahui
       Kepala Sekolah                                                                                                         Guru Biologi


Dr. Umar H.M. Saleh M.Pd                                                                                   Imam Muslim M.Pd             
195406475993054003                                                                                             195406644557744003

0 komentar:

Posting Komentar